Senin, 08 November 2010

10 Jenis Browser

10 Jenis Browser

Menjelajah di dunia maya memang menyenangkan. beragam informasi pun didapatkan dengan mudah dan cepat. Namun bagi anda yang hobi menjelajah, anda perlu tahu browser (aplikasi penjelajah) yang sekiranya cocok untuk pribadi anda. punyaNEWBIE akan memberikan 10 browser pilihan yang bisa anda gunakan, inipun sesuai kepribadian, koneksi, dan penggunaan anda.

Mozilla Firefox

Firefox, browser Bill gate’s killer. Firefox browser yang simple namun dengan banyak addon yang tersedia. Firefox hadir karena programmernya, yang jenuh akan popup yang tidak bisa Internet Explorer lakukan dan langsung melejit dengan angka download tinggi karena browser ini gratis dan juga mendukung tingkat sekuritas yang tinggi. Mozilla Firefox (aslinya bernama Phoenix dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird)
Firefox menjadi browser terbanyak dipakai di dunia, setelah IE. dan mungkin akan terus berkembang hingga saatnya nanti IE akan kalah dalam hal pengembangan. Firefox sendiri didukung oleh banyak programmer yang memang fokus mendalami project ini.
Firefox menjadi sebuah keharusan untuk anda yang takut akan jaminan sekuritas transaksi kartu kredit, popup kiler dan penjelajahan cepat anda di internet.

Download disini untuk Mozilla Firefox terbaru

Opera 10.00 Aplha edition

Browser yang mengklaim dirinya akan meload 30% lebih cepat untuk membuka website. browser ini dulunya bersifat shareware (untuk versi gratis akan muncul iklan di side bar). namun sekarang Opera sudah menggratiskan browser ini. Opera adalah browser yang memang stylish dan patut untuk dimiliki. dukungan terhadap beragam widget yang disediakan opera membuat Opera menjadi browser yang multifungsi. salah satu widget Opera yang saya suka adalah Videodownloader (widget yang sama pada firefox) yang mengijinkan user untuk mendownload video di situs media seperti Youtube tanpa menggunakan software tambahan. hanya cukup memasukkan alamat link Youtube lalu klik tombol panah hijau.
Opera juga menyediakan skin (tampilan) lain dari kondisi default nya. anda hanya mengkoneksikannya dengan internet dan klik Tools lalu appearance, pada tab tersebut centang “Find more skin” untuk menampilkan skin-skin yang terdapat pada Opera. keunggulan lain yang saya suka dari Opera selain karena kecepatan dala hal browsing dan email yang dapat ditampilkan tanpa harus membuka webmail adalah dengan fungsi seperti halnya internet explorer, menyimpan halaman menggunakan ekstension.mth
selain membuka webmail tanpa harus browsing, Opera juga mampu menyimpan akun newsgroup, IRC dan mampu untuk mengimpor e-mail anda.
ekstension ini menyimpan halaman web hanya dengan 1 file yang terbungkus (ter bundle). jadi tidak seperti Firefox yang menyimpannya secara terpisah. anda jadi tidak akan dipusingkan dengan banyaknya file hasil simpan anda

Download disini untuk Opera 10 Alpha

Flock

Flock, browser berbasis situs komunitas. Browser yang mengambil teknologi Firefox ini memang menjadikan halaman awalnya sebagai penyedia beberapa situs vendor berbasis situs atau media untuk komunitas. Halaman awal ini tetap muncul walau komputer anda dalam keadaan offline dan beberapa vendor yang dipasang adalah :

  • Youtube, sebagai media broadcasting
  • Gmail dan Yahoo mail, untuk membuka email
  • Blogger untuk anda yang hobi nge blog
  • Facebook, myspace dan digg untuk yang selalu ingin berhubung dengan sahabat anda di internet
  • Photobucket, tinypic dan Picasa untuk sharing foto kepada orang yang anda inginkan
  • Delicious dan magnolia untuk melihat bookmark anda secara online

Shortcut-shortcut diatas hanya beberapa, anda bisa mengeksplore nya lagi untuk mengetahui shortcut situs-situs komunitas lain.
Browser ini memang sangat cocok untuk anda yang selalu online dan sering berkunjung ke situs-situs komunitas.
fitur remember password akan disuguhkan ketika anda memasuki form login di sebuah situs (seperti firefox) dan tampilan yang memang lebih “gaul”, mendukung Addon seperti firefox juga, dan tombol “one-click” untuk blog editor, upload photo, akses situs-situs favorit anda, rss, dan Youtube media bar (yang akan muncul di atas browser). Jadi untuk anda yang ingin kemudahan dalam bersosialisasi di internet, gunakan browser ini.

Download disini untuk Flock terbaru

Slim Browser

Slim browser menggunakan teknologi Internet Explorer (IE) namun dengan banyak fitur dan tingkat sekuritas tinggi. Beberapa fitur yang dimiliki Slim browser adalah :

  1. mempunyai fitur AutoLogin untuk Web, Email, Situs E-commerce dan Forum.
  2. mempunyai fitur lock/ autolock yang menghindari pengguna lain ketika komputer sedang dalam keadaan idle (ditinggal). untuk menggunakan fitur ini, anda perlu menge-set master password. dan master password ini digunakan untuk membuka browser yang terkunci. ketika fitur ini digunakan, semua situs/ tab yang terbuka akan disembunyikan sehingga user lain tidak akan tahu.
  3. mampu untuk mentranslate (menerjemahkan) isi situs dengan bantuan fitur Google Translate kedalam bahasa inggris.
  4. terintegrasi dengan popup blocker. anda juga bisa mengatur situs mana yang ingin anda block. jadi ketika user lain membuka situs yang anda masukkan ke dalam black list, maka situs itu tak akan terbuka.
  5. terintegrasi dengan fungsi Upload file. memungkinkan anda untuk mengupload file ke ftp tanpa harus menggunakan software ftp uploader.
  6. mempunyai fitur “1 klik penghapus privasi”. hanya tinggal meng klik “Clean all trace” dari toolbar maka semua jejak history, cookies dan cache akan terhapus. tidak seperti browser lain yang membutuhkan beberapa langkah untuk melakukan fungsi semacam ini.

Download disini untuk Slim Browser terbaru

BackStreet Browser

Ingin browsing situs secara offline? BackStreet Browser adalah solusinya. Browser yang sedikit memakan resource memori ini berfungsi untuk mengijinkan anda browsing secara offline dengan mendownload seluruh halaman yang ada di situs.
Pemakaiannya pun mudah, tanpa membaca panduan help pun, saya rasa anda sudah langsung bisa menggunakannya. jadi jika anda yang sering mobile dan terbatas akan koneksi internet, browser ini cocok untuk anda pasang di komputer atau laptop anda. anda pun bisa browsing secara offline kapanpun yang anda mau tanpa terkoneksi dengan internet.

Download disini untuk Backstreet Browser terbaru

Kidrocket, browser untuk anak anda

Kidrocket adalah browser untuk anak anda. browser ini hanya membuka situs-situs tertentu seperti CartoonNetwork, Crayola, PBS Kids, HotWheels, Starfail, Sesame Street, Nickelodeon, TVO Kids, SFS Kids dan situs-situs khusus anak-anak lainnya.
Browser ini tidak bisa untuk browse ke situs lain selain situs-situs tadi. karena browser ini memang ditujukan untuk anak-anak yang baru mengenal internet dan orang tua bisa mencegah anak untuk browsing ke situs lain yang tidak sesuai dengan umur mereka.
Dilengkapi fitur “Admin” yang mengunci supaya anak tidak bisa mematikan browser ini atau dengan tidak sengaja mengklik tombol close, karena dilindungi oleh password untuk menutup aplikasi ini.
Fitur lain yaitu “Doddle” untuk menggambar, “StarBrite” untuk membuat bintang-bintang, “Math”, soal matematika dasar yang bisa dijadikan pembelajaran untuk anak-anak.
Browser ini sangat cocok untuk anak-anak dibawah 10 tahun untuk pengenalan mereka terhadap internet, juga akan menyenangkan buat mereka dan para orangtua bisa mengendalikannya dari tertutupnya browser.

Download disini untuk Kidrocket browser terbaru

OperaTor

Browser Opera yang lebih cantik dan powerfull untuk penjelajahan internet dengan Anonymous / “tak dikenal”. IP asli anda akan disembunyikan dengan menggunakan browser ini. OperaTor menggunakan browser Opera untuk berselancar namun terintegrasi dengan aplikasi Tor yang terdapat dalam satu bundle nya.
Saya menggunakan ini tanpa menginstall, bisa diartikan aplikasi ini bersifat portable dan bisa anda gunakan melalui flashdisk anda. namun 1 hal yang perlu diperhatikan, bahwa OperaTor hanya menyembunyikan IP anda pada protokol HTTP dan HTTPS saja. jika anda ingin tetap “anonymous” dalam dunia maya, maka anda perlu menggunakan fitur-fitur Opera seperti Java, Javascript, Bittorent dan email dan chat terintegrasi di Opera.
Tampilan OperaTor default ini lebih simple dan seperti browser Safari pada MAC OS.
Fitur-fitur standar Opera juga tertanam pada OperaTor. seperti email dan chat terintegrasi, fungsi popup blocker dan penambahan daftar situs yang ingin di blokir, Widget (addon pada Opera) juga ditanamkan dan tentunya mendukung untuk penambahan fungsi pada browser ini. Untuk melihat berbagai Widget yang ada, anda hanya cukup meng-klik Widgets di toolbar dan langsung akan mengarahkannya ke Opera Widget.
Dalam keadaan default, OperaTor akan menghapus data-data seperti cookies, history, cache, mail dan session ketika anda keluar dari browser ini. Mungkin seperti tema yang diusutnya, keep anonymous. Namun anda bisa mengaturnya sehingga tidak menghapus data-data ketika anda keluar dari browser ini.
Cocok untuk anda yang ingin tetap anonymous dan secure.

Download disini untuk OperaTor browser terbaru

Google Chrome

Google Chrome adalah browser yang menggabungkan desain minimal dengan teknologi canggih agar Web dapat diakses dengan lebih cepat, aman, dan mudah.
Browser baru dari si mesin raksasa Google ini hadir dan di klaim sebagai browser dengan teknologi super cepat dalam me load halaman web karena menggunakan interpreter Javascript V8. browser ini sebenarnya masih dalam tahap pengembangan, namun Google berjanji bahwa akan meneruskan project ini untuk lebih baik. walaupun masih terbilang baru, Google Chrome mempunyai angka fantastik untuk angka download hari pertamanya. ini merupakan sebuah pembuktian bahwa publik ingin mencoba browser rasa Google dan banyak dari mereka yang memberikan komentar puas terhadap Chrome.
Untuk dukungan plugin atau addon, Google sendiri belum menyediakannya secara resmi (dalam ketersediaan tombol di browser Chrome). namun bukan berarti plugin tidak tersedia, para developer (bukan resmi) menyediakan beragam situs untuk plugin Google Chrome, diantaranya :

  • http://www.chromeplugins.org
  • http://www.googlechromeplugins.com
  • http://www.chromefans.org

Download disini untuk Google Chrome terbaru

Maxthon

Maxthon menggunakan IE sebagai dasar. namun punya fungsi yang mumpuni untuk kenyamanan anda berselancar di internet. dilengkapi dengan fitur Magic fill yang dibutuhkan untuk memasuki situs member. jadi fitur ini akan membuat anda lebih mudah, karena Maxthon akan menyimpannya. mempunyai beberapa tool yang dapat mentranslate halaman situs ke beberapa bahasa. tampilan user friendly dan cantik. ketika punyaNEWBIE coba untuk mendownload skin browser, ternyata maxthon otomatis mendownload 3 skin nya. padahal sebelumnya, punyaNEWBIE hanya menemukan satu skin saja (yaitu default).
Fitur lain yang membuat saya tercengang yaitu fitur screen capture, yang mengijinkan anda untuk menangkap gambar yang ada di desktop, jendela yang aktif atau di daerah tertentu. padahal ini adalah browser bukan aplikasi pengolah image. tapi fungsi ini tentu saja membantu.
Fitur lain yaitu pop up blocker yang memang paten dalam menangkal popup. saya uji dengan mengunjungi situs-situs yang biasanya mengandung popup (ziddu.com) dan Maxthon dapat memblokir halaman popup dengan sangat baik. ini dikarenakan fitur adhunter yang mengenali popup dan mencegahnya untuk muncul.

Download disini untuk Maxthon terbaru

Safari

Browser yang berasal dari Mac OS ini sekarang sudah tersedia untuk versi Windows. Browser yang simple dan mengaku browser terbaik di dunia karena mengeksekusi javascript dan me load halaman situs lebih baik dari browser-browser lain seperti Opera, IE dan bahkan mozila firefox 2

Beragam fitur yang ditawarkan yaitu :
1. Blazing Performance, dalam hal kecepatan load halaman web
2. Elegant User Interface, tampilan yang elegan
3. Easy Bookmarks, mudah dalam hal melakukan bookmark
4. Pop-up Blocking, memblokir Popup
5. Find, fungsi pencarian
6. Tabbed Browsing, browsing dengan multitab
7. SnapBack, langkah cepat kembali ke situs awal pencarian
8. Forms AutoFill, pengisian otomatis form (yang pernah tersimpan)
9. Built-in RSS, terintegrasi RSS feeder
10. Resizable Text Areas, memungkinkan untuk mengubah ukuran teks
11. Private Browsing, mengijinkan untuk melakukan Private browsing
12. Security, menyediakan tingkat keamanan yang diandalkan
13. Graphics and Fonts, grafik dan font yang smooth untuk mata
Ketika punyaNEWBIE mencoba Safari, dari segi kecepatan memang bisa diandalkan, tapi untuk masalah popup, safari masih bisa kebobolan.

2 komentar: