Senin, 08 November 2010

JENIS-JENIS BAHASA PEMROGRAMAN


Bahasa pemrograman adalah bahasa yamg digunakan untuk membuat suatu program. Bahasa pemrograman terbagi atas dua bagian yaitu, Low level language dan high level language.

Low level language atau bahasa tingkat rendah adalah bahasa pemrograman yang mirip dengan bahasa manusia yang disingakat. Misalnya untuk instruksi LOAD AND JUMP ini ditulis LNJ. Bahasa seperti ini disebut dengan bahasa ASSEMBLER.

High level language atau bahasa tingkat tinggi adalah bahasa pemrigraman yang mendekati dengan bahasa manusia. Menurut sejarhnya bahasa tingkat tinggi adalah sebagai berikut:

Bahasa FORTRAN

FORTRAN adalah singkatan dari Formula Translation(penterjemah rumus). FORTRAN diciptkan pada tahu 1957 oleh John Backbus dari IBM. Bahasa ini merupakan bahasa tingkat tinggi pertama yang dibuat.

FORTRAN sangat popular di kalangan perguruan tinggi dan meruoakan bahasa andalan para dosen dam mahasiswa. Insruksinya yamg biasa disebut ‘keyword’ berjumlah tidak cukup 20 buah sehingga mudah dipelajari. Instruksinya antara lain : DIMENSION, COMPLEX, CHARAACTER, WRITE, READ, FORMAT, DO/CONTINUE, IF, GO TO, PAUSE, END.

Bahasa COBOL

COBOL adallah singkatan dari Common Bussines Oriented Language yang berarti bahasa yang cenderung ke bisnis umum. Dari namanya terlihat bahwa COBOL memang diciptkan untuk keperluan bisnis umum (administrasi). Timbulnya COBOL adalahkeingina kaum pebisnis untuk mendapatkan bahas sendiri. Dengan inisiatif dari Badan Perthana Amerika Serikat diciptkan bahasa yang ampuh untuk persoalan- persoalan administrasi pada tahun 1960.

COBOL disempurnakan teru menerus, naming tetap memakai nama COBOL. Personal computer (PC) atau computer pribadi juga merupakan penyempurnaan COBOL. Beberapa instansi, terutama yang mengelola data yamg cuku banyak sampai saat ini masi menggunakAN bahasa ini.

Bahasa BASIC

BASIC adalah singktan dari Beginner’s All Purpose Symbolic Instruction Code atau kode instruksi yang disimbolkan untuk segala tujuan bagi pemula.

Kedua bahasa tingkat tinggi yang terdahulu , yaitu FORTRAN dan COBOL masi dianggap sulit untuk orang yang baru belajar saat itu. Oleh karena itu, kalangan perguruna tinggi menciptkan bahasa yang dapat dipakai untuk pemecahan soal sains dan teknologi, tetapi juga untuk keperluan administrasi bisnis (administrasi). Dengan demikin mucullah bahasa BASIC yang memenuhi harapan itu. Bahasa ini kaya akan instruksi-instruksi dasar dan instruksi tambahan sehingga juga dapat dipakai sebagai hiburan yang dilengkapi dengan suara dan gambar.

Bahasa PASCAL

Bila bahasa-bahasa sebelumnya lahir di Amerika, maka bahasa PASCAL lahir di Eropa yaitu di Swiss oleh Profesor Niklaus Wirth dari Technical University di Zurich. Nama PASCAL diambil dari nama seorang ahli matematik dan philosophi terkenal pada abad 17 dari Prancis. Namanya diambil sebagai pengharggaan atas dedikasinya terhadap ilmu pengetahuan. Sampai sekarang ada beberapa versi dari bahasa PASCAL diantaranya UCDS(University Of California at San Diego Pascal, Standard Pascal, MT + Pascal, dan Turbo Pascal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar